Selasa, 03 November 2015

Tanda-tanda Persalinan Normal

Tanda-Tanda Persalinan Normal

Persalinan yang pertama kali selalu membuat panik sebagian besar kaum wanita. Bagi wanita, setelah mengandung selama sembilan bulan, ia berharap proses kelahiran bayinya bisa berjalan lancar..Tanda-tanda persalinan normal akan muncul dan dirasakan oleh ibu hamil sebelum proses kelahirannya. Memang untuk kondisi tertentu tanda-tanda persalinan normal  ini akan muncul dalam waktu berminggu-minggu sebelum melahirkan, namun kebanyakan calon ibu sering merasa kurang mengetahui.

Tanda-tanda persalinan normal oleh wanita tidak semua sama, mereka mengalami tanda-tanda persalinan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, calon ibu harus lebih memperhatikan kandungannya karena sangat penting sekali untuk mengetahui tanda-tanda persalinan normal. Berikut ini adalah tanda-tanda persalinan normal untuk mempersiapkan diri dan bersiaga dalam menghadapi persalinan bagi calon ibu:

Terjadi kontraksi hebat
Segera ke dokter atau rumah sakit bila Anda merasakan kontraksi rahim yang hebat, disertai rasa mulas serta sakit di pinggang dan paha. Terlebih apabila kontraksi tersebut makin lama makin kuat, muncul secara berkala (teratur) dengan jarak yang semakin pendek (3-5 menit), dan durasi sekitar 45-60 detik. Kontraksi seperti itu merupakan tanda-tanda persalinan normal semakin dekat.
Timbul mulas dan nyeri
Segera ke dokter atau rumah sakit bila Anda merasakan mulas dan nyeri di bagian punggung bawah atau pinggang, sakit perut serta kram selayaknya seperti pramenstruasi yang tak kunjung hilang.
Keluar lendir bercampur darah
Keluar lendir kental bercampur darah dari vagina. Warnanya bisa bening, merah muda, atau sedikit berdarah.  Meningkatnya cairan lendir yang keluar dari vagina adalah salah satu tanda persalinan sudah dekat.  Pada fase ini mulut rahim akan melunak, agar lebih siap dalam menghadapi persalinan. Pengeluaran darah dan lendir dapat terjadi beberapa hari sebelum persalinan, namun Anda tetap harus menghubungi dokter, terlebih bila terjadi perdarahan hebat.
Air ketuban pecah
Bila ibu hamil merasakan adanya cairan yang keluar dan keluarnya tidak dapat ditahan, itu menandakan bahwa air ketuban sudah pecah. Normalnya, cairan ketuban tidak berbau, bersih, dan jernih. Segera ke dokter atau rumah sakit bila air ketuban sudah pecah, meski Anda tidak merasakan kontraksi sebelumnya. Pecahnya air ketuban yang tidak disertai kontraksi dan rasa mulas, menandakan bahwa ibu hamil mengalami ketuban pecah dini, yakni ketuban pecah sebelum tanda-tanda persalinan normal muncul. Dalam kondisi ini, Anda tetap harus segera ke dokter atau rumah sakit karena pecah ketuban dini dapat menjadi risiko infeksi bagi kehamilan Anda.
Persalinan palsu
Persalinan palsu disebut dengan kontraksi Braxton Hicks. Kontraksi Braxton Hicks banyak mengecoh ibu hamil, dikira bayi akan segera lahir, padahal belum ada pembukaan di mulut rahim. Tandanya, kontraksi muncul hanya sekali atau dua kali dalam sehari dengan jarak waktu yang tidak teratur, tidak bertambah kuat dan cepat., nyeri di bagian perut bawah, rasa sakit atau kontraksi juga akan hilang bila Anda mengubah posisi, berbaring, mengusap-usap perut, atau banyak berjalan.

Dengan mengetahui tanda-tanda melahirkan, Anda juga akan menjadi lebih siap dalam menghadapi persalinan. Bayi yang dilahirkan dengan normal dan selamat adalah moment yang dinantikan oleh calon bapak dan ibu didalam keluarga kecilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar